Magisterikom.umsida.ac.id – Penelitian terbaru Dr Didik Hariyanto MSi Dosen Magister Ilmu Komunikasi UMSIDA, mengungkap bagaimana Instagram menjadi ruang strategis bagi Unique Creativity dalam membangun citra merek yang kuat di era digital.
Studi berjudul “Instagram sebagai Public Relations Media Relations N3 Unique Creativity Event Organizer dalam Meningkatkan Brand Image” ini menyoroti praktik PR yang dijalankan oleh N3 Unique Creativity EO melalui pemanfaatan fitur Instagram secara maksimal dan terarah.
Melalui penggunaan fitur-fitur Instagram secara konsisten dan juga terstruktur.
Penelitian tersebut menemukan bahwa N3 Unique Creativity EO mampu menampilkan identitas merek yang profesional, kreatif, sekaligus mudah diakses oleh calon klien.
Langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan, tetapi juga memperluas jangkauan audiens dan memperkuat reputasi perusahaan.
Baca Juga: Optimalisasi Digital Marketing: Mahasiswa Ikom Umsida Dampingi Tiga IKM di Jatim
Optimalisasi Fitur Instagram ala Unique Creativity EO

Dalam temuan penelitian, N3 Unique Creativity EO memanfaatkan berbagai fitur Instagram sebagai alat pengembangan citra.
Mulai dari feed, reels, story, caption, hingga highlight, semuanya digunakan secara strategis.
Feed diolah sebagai etalase visual yang memamerkan portofolio acara dengan estetika yang konsisten: warna seragam, tata letak rapi, dan tone yang mencerminkan identitas brand.
Reels digunakan untuk menampilkan dinamika acara secara singkat namun memikat, mengikuti pola konten cepat konsumsi yang relevan dengan tren digital.
Stories dan highlight berfungsi sebagai ruang interaksi yang lebih fleksibel menampilkan proses kreatif, promo, testimoni, hingga di balik layar penyelenggaraan acara.
Caption ditulis dengan gaya komunikatif dan informatif, menonjolkan karakter profesional dan kreatif khas N3.
Menurut Dr Didik Hariyanto, hal ini menunjukkan bagaimana PR beradaptasi dengan lingkungan komunikasi digital.
Lihat Juga: Refleksi Hari Guru Nasional: Peran Strategis Pendidik di Era Digital
“Dalam konteks saat ini, Instagram menjadi kanal strategi bagi PR untuk membangun narasi visual yang kuat. Fitur-fiturnya memungkinkan terciptanya citra perusahaan yang kredibel dan dekat dengan publik,” ujarnya.
Konsistensi Branding dan Manajemen Waktu Unggah untuk Menguatkan Citra

Penelitian juga menyoroti jadwal penjadwalan unggahan agar konten mendapatkan engagement maksimal.
N3 Unique Creativity EO konsisten mem-posting pada jam-jam tertentu, mengikuti pola aktivitas audiensnya. Ini terbukti meningkatkan like, komentar, hingga kunjungan profil.
Konsistensi visual, gaya bahasa, dan respon terhadap opini publik menunjukkan bagaimana PR bekerja menjaga hubungan baik dan citra positif.
Tidak hanya itu, fitur Instagram Ads juga dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan audiens, membantu menarik klien baru di luar lingkaran pengikut organik.
Dr Didik menegaskan bahwa strategi ini merupakan bentuk inovasi PR dalam menghadapi dinamika media digital.
“Citra merek saat ini tidak cukup dibangun melalui media konvensional. Instagram memberi peluang besar bagi organisasi untuk menghadirkan citra yang menarik, interaktif, dan mudah diakses,” jelasnya.
Penulis : Siti Nur Annisa Rahmaniyah


















